Liputan Jawa | Pengertian saham blue chip dalam investasi

Pengertian saham blue chip dalam investasi

Liputanjawa.com – Pengertian saham blue chip dalam investasi ialah perusahaan yang mengeluarkan saham bereputasi serta kredibilitas bagus. Selain itu jenis saham blue chip memiliki kemampuan untuk tetap memberi keuntungan pada investor dalam keadaan pasar sedang baik atau buruk.

Kualitas saham blue chip ini sangat baik bagi anda untuk berinvestasi atau menabung dalam jumlah berapapun. Sangat sulit buat perusahaan yang memiliki saham blue chip mengalami kebangkrutan dalam kurun waktu dekat.

Sehingga dengan target investasi dalam waktu 5 sampai 10 tahun lagi, portofolio saham yang anda miliki tetap terjaga dengan baik. Biasanya saham berkualitas ini memiliki haga yang cenderung semakin meningkat dari sebelumnya.

Setelah anda mengetahui pengertian saham blue chip dalam investasi. Maka selanjutnya anda harus kenal dengan beberapa saham blue chip yang direkomendasikan untuk anda.

Kritea Saham Blue Chip dalam Investasi

Saham blue chip atau biasa investor kenal dengan LQ45 merupakan kumpulan saham yang sangat berpengaruh terhadap Bursa Efek Indonesia (BEI). Tanpa adanya saham-saham ini, kemungkinan perekonomian Indonesai akan terganggu.

Jadi dengan adanya saham-saham blue chip ini dapat membantu Indonesia melunasi hutang negara, melalui biaya pajak yang dikeluarkan.

Yang mana jenis emiten saham blue chip untuk anda investasi memiliki beberapa kriteria. Adapun kriteria tersebut dapat anda riset melalui profil saham melalui situs resmi IDX.

Supaya anda lebih tahu tentang pengertian saham blue chip dalam investasi maka simaklah kriteria saham blue chip miliki seperti berikut:

  • Fundamental kokoh dapat anda lihat dari profil perusahaan emiten saham blue chip harus memiliki progress kinerja serta menguntungkan. Biasanya perusahaan ini telah bertahan lama berdiri dan beroperasi.
  • Kuantitas hutang dan aset perusahaan saham blue chip seimbang, jangan takut bila ada perusahaan dengan hutang yang banyak. Karena hutang-hutang perusahaan tersebut dapat dikemabalikan dengan jumlah ast yang mereka miliki.
  • Memiliki jangkauan pasar modal yang luas. Semua saham blue chip memiliki pendanaan dari investor besar Indonesia maupu asing. Hal ini terjadi, karena para investor yang sudah ahli percaya bahwa perusahaan tersebut dapat memberikan mereka keuntungan besar.
  • Nilai transaksi besar dan sering diperdagangkan. Karena jenis investasi saham blue chip ini banyak peminatnya. Mulai dari kalangan investor expert serta pemula yang sedang belajar investasi.
  • Rutin membayar divide dalam per tahun. Bagi anda yang lolos persyaratan penerima dividen, maka bisa mendapatkan dividen sesuai dengan jumlah lot saham blue chip yang anda miliki

Selain itu masih banyak lagi kriteria yang harus anda ketahui. Nah, sejauh ini apakah anda sudah tergambarkan pengertian saham blue chip dalam investasi ?

Daftar Saham Blue Chip dalam Investasi

Setelah anda riset beberapa perusahaan yang baik keuangan serta terpenuhi kriteria sebagai saham blue chip dalam investasi.

Kemudian anda dapat melihat beberapa daftar list saham blue chip yang bisa anda riset kembali pergerakan arah harga saham. Hal ini berguna untuk memperdalam pengertian saham blue chip dalam investasi.

Beikut ini merupakan kumpulan kode emiten saham blue chip yang populer. Sebelum membeli riset dan analis terlebih dahulu trend harga saham, karena ini wajib bagi anda seorang investor. Adapun saham blue chip paling populer seperti BBCA, BBRI, TLKM, GGRM, UNVR, dan ANTM.

Sektor Industri Saham

Secara umum saham blue chip dalam investasi tergabung dalam sektor industri perbankan, jaringan tekomunikasi, energi, logam, perkebunan, rokok, produk harian, dan masih banyak lainnya.

So, begitulah ulasan tentang pengertian saham blue chip dalam investasi untuk anda para investor. Setelah membaca tentang saham blue, maka saatnya anda untuk melakukan action secara langsung di bursa efek atau pasar modal.

Originally posted 2021-08-07 18:47:45.